RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMK .......................
Kelas/Semester : XI / 5
Mata
Pelajaran : Akuntansi Perusahaan
Dagang
Materi
Pokok : Akuntansi Perusahaan Jasa
Pertemuan
ke : 1
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit ( 1 Pertemuan )
A. Kompetensi Inti
KI-1 :
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
|
KI-2 :
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran,
damai), santun, reponsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secera efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI-3 :
|
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI-4 :
|
Mengolah, menyaji, dan
menalar dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif
dan kreatif, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
|
B. Kompetensi Dasar
1.1 :
|
Mensyukuri karunia Tuhan Yang Maha Esa, atas pemberian
amanah untuk mengelola administrasi keuangan entitas
|
1.2 :
|
Mengamalkan
ajaran agama dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk
menghasilkan informasi keuangan yang mudah dipahami, relevan, andal, dan
dapat diperbandingkan
|
2.1 :
|
Memiliki motivasi
internal dan menunjukkan rasa ingin tahu dalam menemukan dan memahami
pengetahuan dasar tentang akuntansi
keuangan
|
2.2 :
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, santun, responsif dan pro-aktif dalam berinteraksi secara
efektif dalam lingkungan sosial sesuai dengan prinsip etika profesi bidang
akuntansi keuangan
|
2.3 :
|
Menghargai
kerja individu dan kelompok serta mempunyai kepedulian yang tinggi dalam
menjaga keselarasan lingkungan sosial, lingkungan kerja dan alam.
|
3.1 :
(KD)
|
Menjelaskan pengertian, ruang lingkup
operasi, karakteristik perusahaan jasa
dan jenis serta klasifikasi transaksi keuangan perusahaan jasa
Indikator :
1. Membaca Teks mengenai pengertian,
ruang lingkup operasi, karakteristik
perusahaan jasa dan jenis serta klasifikasi transaksi keuangan perusahaan
jasa
2. Menentukan ruang lingkup
operasi, karakteristik perusahaan jasa
dan jenis serta klasifikasi transaksi keuangan perusahaan jasa
|
4.1 :
(KD)
|
Mengelompokkan transaksi keuangan
perusahaan jasa
Indikator :
3. Menunjukkan jenis transaksi
keuangan perusahaan jasa
4. Mengelompokkan beberapa transaksi keuangan perusahaan jasa
5. Menyimpulkan Materi transaksi
keuangan perusahaan jasa
|
C. Tujuan Pembelajaran
Dengan mengamati, mendiskusikan,menganalisis dan mempraktekkan siswa dapat:
1.
Menunjukkan beberapa pengertian,
ruang lingkup operasi, karakteristik
perusahaan jasa dan jenis serta klasifikasi transaksi keuangan perusahaan jasa
dengan jujur dan percaya diri.
2.
Mengelompokkan ruang lingkup operasi,
karakteristik perusahaan jasa dan jenis serta klasifikasi transaksi
keuangan perusahaan jasa dengan jujur dan
percaya diri.
3.
Menyimpulkan
Materi pengertian, ruang lingkup operasi, karakteristik perusahaan jasa dan jenis serta
klasifikasi transaksi keuangan perusahaan jasa dengan jujur dan percaya diri.
4.
Membuat Presentasi
tentang jenis transaksi keuangan perusahaan jasa dengan tanggung jawab dan kerjasama.
5.
Menampilkan beberapa hasil Diskusi tentang jenis transaksi keuangan perusahaan jasa dengan
santun dan percaya diri.
D. Materi Pembelajaran
Akuntansi Perusahaan Jasa:
1.
Pengertian perusahaan jasa
2.
Ruang lingkup operasi dan
karakteristik
3.
Jenis transaksi keuangan
4.
Klasifikasi transaksi keuangan
5.
Macam-macam bukti transaksi
perusahaan
E. Metode Pembelajaran
i.
Pendekatan : Saintifik
ii.
Metode : Curah pendapat, diskusi, dan penugasan
F. Langkah – Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 :
Media dan Sumber
Belajar
Media : Video/ Gambar/tayangan Penggunaan cek untuk pembayaran dari berbagai sumber singkat
Sumber belajar : 1. Buku penunjang kurikulum 2013
2. Internet
3. Pengalaman siswa dan guru
G. PENILAIAN
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
1.
|
Sikap
a. santun
b. jujur
c. percaya diri
d. bertanggung jawab
e. kerjasama
|
Observasi kinerja lewat
Rubrik
|
Selama pembelajaran
|
2.
|
Pengetahuan
a. Uraian
tentang Bank Umum dari berbagai pendapat.
b. pendiskripsian
definisi yang diberikan
|
Quiz
|
15 menit
|
3.
|
Keterampilan
a. Hasil karya siswa
b. Penampilan saat role play
|
Rubrik penilaian lisan dan
tulisan
|
90 menit
|
Contoh Instrumen
Lembar Pengamatan Sikap
LEMBAR PENILAIAN
ASPEK SIKAP
DASAR DASAR PERBANKAN
NO
|
NAMA SISWA
|
JUJUR
(1-4)
|
PERCAYA DIRI
(1-4)
|
KERJASAMA
(1-4)
|
TANGGUNG JAWAB
(1-4)
|
SANTUN
(1-4)
|
Indikator Penilaian Sikap
RUBRIK PENSKORAN
1.
Aspek : Jujur
No.
|
Indikator Kejujuran
|
Penilaian Kejujuran
|
1.
|
Tidak menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan
|
Skor 1 jika 1 sampai 2 indikator muncul
Skor 2 jika 3 sampai 4 indikator muncul
Skor 3 jika 5 indikator
muncul
Skor 4 jika 6
indikator muncul
|
2.
|
Tidak menjadi
plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam
mengerjakan setiap tugas
|
|
3.
|
Mengemukakan perasaan terhadap sesuatu apa adanya
|
|
4.
|
Melaporkan barang yang ditemukan
|
|
5.
|
Melaporkan data atau informasi apa adanya
|
|
6.
|
Mengakui kesalahan atau kekurangan yang
dimiliki
|
2. Aspek : Percaya Diri
No.
|
Indikator
Responsif
|
Penilaian
Responsif
|
1.
|
Mampu melakukan presentasi
di depan umum
|
- 1 (Kurang)
- 2 (Cukup)
- 3 (Baik)
- 4 (Sangat Baik)
|
2.
|
Berani
bertanya
|
|
3.
|
mengemukakan
pendapat
|
|
4.
|
menjawab
pertanyaan
|
3. Aspek :
Kerjasama
No.
|
Indikator Kerjasama
|
Penilaian Kerjasama
|
1.
|
Terlibat aktif dalam bekerja kelompok
|
- Skor 1 jika 1 atau tidak ada indikator
yang konsisten ditunjukkan peserta didik
- Skor 2 jika 2indikator kosisten
ditunjukkan peserta didik
- Skor 3 jika 3indikator kosisten
ditunjukkan peserta didik
- Skor 4 jika 4 indikator konsisten
ditunjukkan peserta didik
|
2.
|
Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan
|
|
3.
|
Bersedia
membantu orang lain dalam satu kelompok yang mengalami kesulitan
|
|
4.
|
Rela berkorban
untuk teman lain
|
4. Aspek :
Tanggungjawab
No.
|
Indikator Tanggungjawab
|
Penilaian Tanggungjawab
|
1.
|
Melaksanakan tugas individu dengan baik
|
- Skor 1 jika 1 atau tidak ada indikator
yang konsisten ditunjukkan peserta didik
- Skor 2 jika 2indikator kosisten
ditunjukkan peserta didik
- Skor 3 jika 3indikator kosisten
ditunjukkan peserta didik
- Skor 4 jika 4 indikator konsisten
ditunjukkan peserta didik
|
2.
|
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
|
|
3.
|
Mengembalikan
barang yang dipinjam
|
|
4.
|
Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan
|
5. Aspek : Santun
No.
|
Indikator Santun
|
Penilaian Santun
|
1.
|
Baik budi bahasanya (sopan ucapannya)
|
- Skor 1 jika terpenuhi satu indikator
- Skor 2 jika terpenuhi dua indikator
- Skor 3 jikaterpenuhi tiga indikator
- Skor 4 jika terpenuhi semua indikator
|
2.
|
Menggunakan ungkapan yang tepat
|
|
3.
|
Mengekspresikan wajah yang cerah
|
|
4.
|
Berperilaku sopan
|
LEMBAR PENILAIAN
ASPEK PENGETAHUAN
AKUNTANSI KEUANGAN
Kisi-Kisi
Penilaian Aspek Pengetahuan
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Nomor Soal
|
1
|
Menjelaskan Pengertian, fungsi,
penggunaan kas dan pengisian kembali kas
|
Akuntansi kas kecil sistem berfluktuasi
1.
Pengertian
kas kecil
2.
Fungsi kas
kecil
3.
Sistem Pencatatan kas kecil
4.
Pencatatan
kas kecil dengan sistem berfluktuasi:
·
Pembentukan
kas kecil
·
Pembayaran
dengan kas kecil
5. Pengisian kembali kas kecil
|
Disajikan secara tertulis
sebuah pertanyaan tentang Akuntansi
kas kecil sistem berfluktuasi, siswa dapat menjawab pertanyaan dengan tepat yang tepat.
|
1 - 5
|
Soal Tes
Pengetahuan :
Test Formatif I
1. ..........2. ...........
Kunci Jawaban :
1. ..........2. ............
Pedoman
Penilaian :
Nilai Maksimal : 4.
Siswa akan mendapatkan nilai maksimal jika:
1.
Menjawab
Pertanyaan dengan jawaban yang tepat.
2.
Menuliskan jawaban dengan tata bahasa
yang tepat.
3.
Menuliskan jawaban dengan ejaan yang
benar.
Tabel Penilaian
Teks
|
Number
|
Total
Score
|
Soal
|
1
|
10
|
2
|
10
|
|
3
|
20
|
|
4
|
40
|
|
5
|
20
|
|
Total
|
100
|
Tabel Konversi Nilai
INTERVAL
SKOR
|
HASIL
KONVERSI
|
PREDIKAT
|
KRITERIA
|
96 – 100
|
4.00
|
A
|
SB
|
91 – 95
|
3.66
|
A-
|
|
86 – 90
|
3.33
|
B+
|
B
|
81 – 85
|
3.00
|
B
|
|
75 – 80
|
2.66
|
B -
|
|
70 – 74
|
2.33
|
C+
|
C
|
65 – 69
|
2.00
|
C
|
|
60 – 64
|
1.66
|
C-
|
|
55 – 59
|
1.33
|
D+
|
K
|
< 54
|
1.00
|
D
|
LEMBAR PENILAIAN ASPEK KETERAMPILAN
|
||||||||||||||
........................................
|
||||||||||||||
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Kompeten / Belum Kompeten
|
|||||||||||
Konten
|
Frekuensi
|
Penampilan
|
Tata Bahasa
|
Nilai Akhir
|
||||||||||
3
|
2
|
3
|
2
|
10
|
||||||||||
1
|
||||||||||||||
2
|
||||||||||||||
3
|
||||||||||||||
Teknik Penilaian
|
||||||||
A. Content :
Isi / pesan
|
||||||||
1. Sangat Baik (4)
|
= pesan
tersampaikan sesuai permintaan
|
|||||||
2. Baik (3)
|
= pesan tersampaikan
dengan sedikit perubahan
|
|||||||
3. Cukup (2)
|
= pesan kurang
sesuai dengan permintaan
|
|||||||
4. Kurang (1)
|
= pesan yang
disampaikan berbeda dengan permintaan
|
|||||||
B. Fluency :
kelancaran
|
||||||||
1. Sangat Baik (4)
|
= pesan
disampaikan dengan lancar
|
|||||||
2. Baik (3)
|
= pesan
disampaikan dengan sedikit (1-5) hambatan
|
|||||||
3. Cukup (2)
|
= pesan
disampaikan dengan terbata-bata
|
|||||||
4. Kurang (1)
|
= pesan
dibacakan.
|
|||||||
C. Performance :
Penampilan
|
||||||||
1. Sangat Baik (4)
|
= sikap dan
postur tubuh yang sesuai, suara jelas dan lantang, dan dapat menarik
perhatian penonton
|
|||||||
2. Baik (3)
|
= sikap dan
postur tubuh cukup baik, suara jelas, kurang menarik.
|
|||||||
3. Cukup (2)
|
= sikap dan
postur kurang baik, suara kurang jelas,
|
|||||||
4. Kurang (1)
|
= sikap dan
postur tubuh kurang baik, suara pelan dan tidak jelas,
|
|||||||
D. Grammar : Tata bahasa
baik dan benar
|
||||||||
1. Sangat Baik (4)
|
= diucapkan
dengan tata bahasa yang benar
|
|||||||
2. Baik (3)
|
= sedikit
kesalahan tata bahasa
|
|||||||
3. Cukup (2)
|
= tata bahasa
kurang tepat
|
|||||||
4. Kurang (1)
|
= banyak
kesalahan tata bahasa
|
|||||||
Nilai Akhir:
|
||||||||
Konten + Frekuensi + Penampilan + Tata Bahasa
|
=
Nilai Akhir
|
|||||||
Mengetahui, Pasuruan, Juli 2014
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
(...............................) (..................................)
Untuk RPP Materi Yang Lain.. silakah klik download dibawa ini
1. Akuntansi perusahaan jasa Download disini
2. Siklus Akuntansi perusahaan jasa
Download disini
3. Memproses entri jurnal Download disini
4. Memproses akun buku besar Download disini
5. Neraca saldo Download disini
6. Jurnal penyesuaian Download disini
7. Neraca lajur Download disini
8. Memproses laporan keuangan Download disini
9. Jurnal penutup Download disini
10. Neraca saldo setelah penyusutan Download disini
..(Silakan nama
sekolah dan yang lain disesuaikan dengan kebutuhan yang ada, juga Soal tes juga
disesuaikan dengan kebutuhan dan kesesuaian sekolah Bapak dan Ibu Guru)
Semoga bermanfaat....
3 comments:
TERIMAKASIH, SANGAT BERMANFAAT SEKALI
haturnuhun
ma kasih sangat bantu sekali.
Post a Comment